Antisipasi Fenomena La Nina, Bupati Bangli Terbitkan Surat Edaran

kalak bpbd
Kepala Pelaksana BPBD Bangli, I Ketut Gede Wiredana. (ist) 

BANGLI | patrolipost.com – Mengantisipasi potensi dampak badai La Nina, Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta menerbitkan Surat  Edaran (SE). Masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) diminta melakukan persiapan serta masyarakat meningkatkan kewaspadaan. 

Kepala Pelaksana BPBD Bangli, I Ketut Gede Wiredana mengatakan Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta telah menerbitkan surat edaran tentang antisipasi potensi dampak La Nina. Edaran ini sebagai tindaklanjuti dari surat Sekretaris Daerah Provinsi Bali perihal antisipasi dampak la Nina. Pemerintah daerah bersama masyarakat untuk melakukan upaya pencegahan, mitigasi, dan kesiapsiagaan menghadapi potensi dampak la Nina.

Bacaan Lainnya

“Potensi banjir, longsor, angin kencang, puting beliung maupun petir,” jelasnya,  Kamis (25/11/2021). 

Kata Gde Wiradana dalam edaran Bupati tersebut diharapkan masyarakat tidak membuang sampah di sungai atau selokan, saluran, drainase. Disamping itu melakukan pemangkasan dahan/ranting pohon, melaksanakan gerakan pembersihan sampah, perbaikan drainase, serta mengkoordinasikan perbaikan atau pemeliharaan daerah aliran sungai.

“Untuk pemangkasan dahan pohon diberikan kewenangan kepada OPD terkait. Tentu pelaksanaan berdasarkan hasil pantauan dan penilaian berpotensi membahayakan pengguna jalan,” kata Ketut Wiredana. 

Pejabat asal Desa Tamanbali Kecamatan Bangli ini menyampaikan, masyarakat dan pengguna jalan agar meningkatkan kewaspadaan ketika melintas di jalur rawan longsor serta memperhatikan rambu-rambu rawan bencana. Dalam hal ini perlunya peranan seluruh pihak.

“Imbauan ini telah disampaikan ke seluruh OPD mau Camat. Diharapkan Camat meneruskan ke desa dan dilanjutkan kembali ke masyarakat,” sambungnya. 

Disinggung soal kesiapan BPBD, Ketut Wiredana mengatakan untuk sarana prasana yang dimiliki sudah disiapkan. Untuk personel juga tetap disiagakan.

“Fasilitas yang kami miliki sudah siap. Selain itu kami  juga telah memasang rambu di lokasi rawan bencana seperti longsor,” jelasnya. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.