Ukir Prestasi, Bank BPD Bali Sabet 3 Penghargaan Dari Bank Indonesia

2021 11 25 07 18 46 472
2021 11 25 07 18 46 472

Dirut Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma saat menerima penghargaan dari Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho di acara PTBI 2021.

 

Bacaan Lainnya

 

BADUNG | patrolipost.com – Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) Tahun 2021, menjadi ajang yang istimewa bagi PT Bank Pembangunan Daerah Bali. Bank milik masyarakat Bali ini mendapatkan 3 penghargaan sekaligus dari Bank Indonesia (BI), yaitu sebagai Bank Peserta SKNBI dan KPDHN Terbaik, Bank Pendukung UMKM Terbaik Kategori BUKU I dan II dan sebagai Mitra Kerja Terbaik Kategori PJP QRIS.

PTBI dilaksanakan secara daring dengan tema “Bangkit dan Optimis: Sinergi dan Inovasi Untuk Pemulihan Ekonomi” yang dihadiri secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo beserta seluruh jajaran kabinet dan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo.

Penganugerahan penghargaan tersebut diserahkan secara langsung di Sofitel Bali Nusa Dua oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho, Rabu (24/11/2021). Penghargaan ini diberikan secara tahunan sebagai bentuk apresiasi dan sekaligus pengakuan BI kepada para mitra strategisnya yang telah mendukung pelaksanaan tugas-tugas bank sentral.

“Penghargaan ini juga merefleksikan jalinan sinergi antara BI dengan para pelaku ekonomi, Pemerintah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sebagai upaya mendukung pemulihan ekonomi nasional, dengan tetap menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan,” sebut Dirut Bank BPD Bali I Nyoman Sudharma, usai menerima penghargaan.

Penganugerahan Penghargaan Bank Peserta Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) dan Kantor Pengelolaan Daftar Hitam Nasional (KPDHN) Terbaik Bank BUKU I dan BUKU II merupakan penghargaan kedua kalinya  yang diterima  Bank BPD Bali, dimana kategori penghargaan yang sama juga diterima di Tahun 2018. Kategori Penghargaan ini diberikan berdasarkan  penilaian terhadap aspek kinerja, compliance, dan tata kelola kepada stakeholders yang telah menunjukan kinerja terbaik sepanjang tahun 2021 di berbagai sektor, sebagai bentuk apresiasi kepada stakeholders strategis yang turut mendukung pelaksanaan tugas Bank Indonesia.

Bank BPD Bali berkomitmen untuk bersama bersinergi menuju pertumbuhan dan memperkuat daya saing di era digital dengan terus memberikan layanan yang terbaik kepada nasabah, khususnya untuk Layanan transfer dana dan kliring melalui SKNBI dilaksanakan secara cepat dan tepat waktu sesuai Jadwal SKNBI yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia.

Penghargaan sebagai Bank Pendukung UMKM Terbaik telah diterima oleh Bank BPD Bali sebanyak 4 kali pada tahun 2016, 2017, 2020 dan 2021. Penghargaan tersebut berhasil diraih Bank BPD Bali tidak terlepas dari kinerja positif kredit UMKM Bank BPD Bali.

Terkait prestasi tersebut,  Dirut Nyoman Sudharma menyatakan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bank Indonesia, Pemerintah Daerah dan segenap UMKM Bali yang telah senantiasa mempercayakan aktivitas bisnisnya pada Bank BPD Bali. Sudharma juga menambahkan, bahwa 2 tahun belakangan ini merupakan masa-masa sulit bagi Bali secara umum dan juga bagi pelaku usaha, dimana Bali dengan ketergantungan pada sektor pariwisata sangat terdampak oleh pandemi Covid 19.

Seperti diketahui, Bank BPD Bali sebagai satu-satunya bank yang berkantor pusat di Bali turut serta dalam Pemulihan Ekonomi Bali sesuai program pemerintah pusat dalam Pemulihan Ekonomi Nasional. Kontribusi Bank dalam mengupayakan percepatan pemulihan ekonomi Bali melalui penyaluran kredit kepada UMKM harus tetap dilakukan, bukan hanya mengambil manfaat pada saat Bali dalam kondisi baik.

Terkait hal tersebut, Bank BPD Bali sangat serius dan fokus dalam memberikan layanan berkualitas kepada UMKM dengan harapan dapat mendorong percepatan pemulihan ekonomi Bali di masa pandemi. Dengan optimalisasi penyaluran kredit kepada UMKM  diharapkan akan ada multiplier effect bagi pertumbuhan ekonomi Bali dan sebagai  wujud dukungan Bank BPD Bali pada program Bank Indonesia melalui kebijakan Rasio Pembiayaan Inklusif Makroprudensial (RPIM) serta kebijakan Pemerintah Daerah melalui program Ekonomi Kerthi Bali pada 6 sektor unggulan perekonomian Bali yaitu  sektor pertanian termasuk peternakan dan perkebunan, sektor kelautan/perikanan, sektor industri, sektor IKM/UMKM dan koperasi, sektor ekonomi kreatif dan digital serta sektor pariwisata.

Ke depan dalam persaingan layanan perbankan, dibutuhkan kesiapan Bank BPD Bali agar dapat tetap tumbuh dan berkembang dalam kondisi pasar yang cukup cepat perubahan akibat dari adanya digitilisasi mengharuskan Bank BPD Bali terus melakukan inovasi produk dan layanan sehingga dapat menjadi bagian utama dalam ekositem digital dalam perekenomian Bali. (wie)

 

 

 

 

 

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.