BPR Kanti: Covid-19 Momentum Bangkitkan Perekonomian Bali Melalui Sinergitas

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
2021 11 18 07 48 22 956
2021 11 18 07 48 22 956

(Kedua dari kiri) Direktur Utama BPR Kanti, Made Arya Amitaba.

 

Bacaan Lainnya

 

DENPASAR | patrolipost.com – Provinsi Bali, sebagai destinasi wisata utama Indonesia, telah mengalami keterpurukan ekonomi sangat parah yang dipicu oleh Pandemi Covid-19 sejak triwulan I/2020.  Krisis yang ditimbulkan telah berdampak multidimensi dan multisektoral yang membutuhkan solusi yang bersifat holistik dan terintegrasi dari seluruh pemangku kepentingan.

Disadari bahwa Provinsi Bali dengan kontribusi yang sangat dominan terhadap sektor pariwisata Indonesia sebelum pandemi, pada saat ini justru menjadi “Provinsi yang paling terdampak” oleh Pandemi Covid-19, hal ini terbukti dengan PDRB Posisi Triwulan III/2022 yang masih mengalami kontraksi dengan minus sebesar 2,91% year on year.

Provinsi Bali dengan “Masyarakat yang Multikultural, Warisan Kekayaan Budaya dan Lokal Wisdom atau Kearifan Lokal Sistem Pertanian SUBAK, Kearifan Lokal Ekologis Tumpek Uduh merupakan modal sosial atau social capital yang kuat yang perlu dikapitalisasikan dalam rangka mendukung “Program BALI BANGKIT”

Disadari bahwa Kebijakan Pemerintah berkaitan Program Pemulihan Ekonomi Nasional melalui Realokasi APBN/APBD, pada tataran implementasinya membutuhkan koordinasi dan sinkronisasi strategi dan kebijakan lintas sektoral, antara lain Pemerintah Pusat-Daerah, Kementerian dan Lembaga, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan Sektor Jasa Keuangan;

BPR PANCAKANTI SUKAWATI dengan dukungan dari Pemerintah Daerah Provinsi BALI, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, serta Strategic Stakeholders lainnya BPR Kanti berinisiatif untuk menyelenggarakan “Seminar Internasional Penguatan Lembaga Keuangan Menuju Bali Bangkit di Era Digitalisasi Sektor Keuangan”

Managemen BPR Kanti, sangat berkeyakinan pandemi covid 19. akan semakin menurun pada level terendah yang pada akhirnya Indonesia dan dunia akan mampu mengatasinya,  khususnya  Provinsi Bali, dengan ciri khas kekuatan pengaruh budaya kekeluargaan yang kuat menjadi ciri khas kearifan lokal. PT.  BPR Kanti  yang bermakna ” Sahabat Sejati ” lebih dari sekedar arti persahabatan.  ingin mengimplemantasikan dalam arti luas.

“Kedepan BPR Kanti akan menjalin aliansi strategis dengan stakeholder lainnya. Yang mempunyai visi dan misi yang sama utk meningkatkan Sinergitas yang saling menguntungkan,” sebut Direktur Utama BPR Kanti Made Arya Amitaba, disela-sela seminar internasional yang bertajuk “Penguatan Lembaga Keuangan Menuju Bali Bangkit  di Era Transformasi Digitalisasi Keuangan”.

Melalui penyelenggaraan seminar Internasional kali ini diharapkan akan muncul gagasan-gagasan Bersama untuk saling menguatkan dalam Kerjasama kelembagaan.  Langkah selanjutnya dari Seminar Internasional ini berupa penandatangan kerjasama dengan BRI Research Institut,  Lembaga Sertifikasi Profesi  Microfinance Indonesia (LSP MFI) sebuah Lembaga sertifikasi yang melaksanakan sertifikasi kompetensi untuk Pengawas/Pengurus dan Pengelola lembaga keuangan mikro (BPR/KSP/LPD). Yayasan Lembaga Keuangan Indonesia (YLKI),  Lembaga Keuangan Indonesia Law Firm,  dan penandatanganan realisasi kerja sama lingkage program  Bank Mayapada Sebesar Rp. 50 Milyar.

“Selain itu BPR Kanti juga akan merintis Kerjasama dengan beberapa Lembaga Internasional (International NGO),” pungkas Amitaba. (wie)

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *