Marsekal TNI Hadi Tjahjanto Pamit, Jenderal Andika: Pokoknya Saya Ingin Buktikan

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
hadi 777777
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menggelar exit briefing dengan para perwira tinggi TNI. Acara diselenggarakan secara virtual dan tatap muka di Aula Mako Akademi TNI, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (17/11/2021). Setelah dilantik Presiden Jokowi siang tadi, secara de jure Panglima TNI saat ini adalah Jenderal TNI Andika Perkasa. (ist)

JAKARTA | patrolipost.com – Berbagai pihak menyoroti masa jabatan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang hanya kurang lebih satu tahun. Hal ini mengingatkan bahwa tahun depan Andika sudah memasuki usia pensiun.

Terkait hal tersebut, Andika mengatakan, akan memberikan pembuktian dirinya dapat menjalankan tugas dengan baik. “Ya pokoknya saya ingin membuktikan bahwa kepercayaan yang diberikan kepada saya bisa saya penuhi,” katanya di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Andika menegaskan akan menjalankan tugas dengan maksimal di sisa waktunya sebelum pensiun. “Saya akan lakukan tugas saya semaksimal mungkin dengan sisa waktu ini. Karena saya yakin saya bisa lakukan tugas-tugas yang diberikan presiden maupun tugas pokok yang menjadi tugas kami sesuai dengan amanat undang-undang,” ujarnya.

Ditanya soal wacana perpanjangan masa bakti Panglima TNI, Andika enggan berkomentar. “Aduh saya enggak ini ya, tapi itu sama sekali bukan kewenangan saya. Monggo ditanyakan langsung kepada yang lebih berwenang,” katanya.

Hadi Tjahjanto Pamit
Di akhir masa jabatannya, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menggelar exit briefing dengan para perwira tinggi TNI. Acara yang diselenggarakan secara virtual dan tatap muka ini bertempat di Aula Mako Akademi TNI, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (17/11/2021).

Dalam kesempatan itu Hadi Tjahjanto menyampaikan panglima TNI adalah jabatan yang bersifat strategis. Karena itu, untuk menentukan panglima TNI yang baru, pengajuan presiden harus memperoleh persetujuan DPR RI.

Setelah dilantik Presiden Jokowi siang tadi, secara de jure Panglima TNI saat ini adalah Jenderal TNI Andika Perkasa. “Dengan demikian besok saya akan menyerahkan secara tradisi Panji TNI kepada Panglima TNI yang baru Jenderal TNI Andika Perkasa,” ujar Hadi dalam pernyataan yang dirilis Puspen TNI, Rabu (17/11/2021) malam.

“Kegiatan exit briefing ini adalah tradisi yang harus kita pegang teguh karena untuk menjaga hubungan erat antara senior dan junior, sebagai tradisi yang sangat bagus di tubuh TNI,” kata Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Hadi berpesan kepada para perwira agar tetap berpegang teguh kepada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 wajib TNI. Ini adalah bekal dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada TNI, bangsa dan negara “Jaga dan tempatkan TNI sebagai perekat kemajemukan dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia,” tutur Hadi.

Hadi juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran TNI mulai perwira sampai tamtama dan PNS TNI atas dedikasi, loyalitas yang diberikan selama menjabat dalam kurun waktu 3 tahun 11 bulan. “Saya pamit undur diri dari dinas keprajuritan, namun kita tetap menjadi satu bagian dan semangat kita untuk tetap menjaga tetap utuhnya NKRI,” kata Hadi. (305/snc)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *