Klungkung Kembangkan Pertanian Aquaponik, Tarik Minat Anak Muda untuk Bertani

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
akuaponik 44xx444
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengunjungi proses aquaponik di Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung, Rabu (17/11). (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Usai memberikan semangat kepada para penerima bantuan Kementerian Sosial (Kemensos) RI, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta lanjut mengunjungi pembuatan proses aquaponik di Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung, Jalan Raya Takmung Nomor 1, Kecamatan Banjarangkan, Rabu (17/11).

“Aquaponik ini adalah bagaimana memanfaatkan air kolam ditarik untuk pengairan hidroponik selanjutnya air itu kembali turun tanpa ada nutrisi tambahan,” ujar Bupati Suwirta saat berada di lokasi didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung, Dewa Sweta Negara.

Bupati Suwirta juga menambahkan proses aquaponik ini sudah berjalan dengan baik. Dalam konsep hidroponik ini ada berbagai jenis tanaman diantaranya ada pokcoy, selada, tomat, semangka, timun melon dan lain lain.

“Mudah-mudah ini berhasil untuk mewujudkan konsep terintegrasi, nantinya di sini ada rumah makan, ada buah-buahan, ada sayur dan ikannya juga,” ujar Bupati Suwirta.

Selain itu, Bupati Suwirta juga berharap agar tempat ini bisa dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya. Jika nanti sudah berhasil, tempat ini rencananya akan dijadikan tempat edukasi bagi generasi muda untuk belajar bagaimana menanam sayur dengan memanfaatkan kolam.

“Jadi dengan ini bagaimana bisa menarik minat anak-anak muda untuk bertani,” imbuhnya.

Sementara Putu Yudi selaku petani melenial yang menggarap aquaponik mengaku akan mengembangkan lebih lanjut aquaponik di Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan ini dengan menambahkan teknologi di dalamnya, yakni smart switch. Yaitu pompa yang digunakan untuk mengalihkan air akan hidup dan mati secara otomatis dengan mengontrol dari smartphone. “Karena sasaran kita adalah anak muda agar ingin bertani jadi kita sisipkan teknologi di dalamnya sehingga unsur edukasinya juga akan jalan,” ujarnya. (855)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *