Inovasi Baru, KNPI Klungkung Gelar Lomba Melukis Wayang Kamasan

lukisan 11xx1111
Para pemenang lomba Lukisan Wayang Kamasan di tote bag yang digelar oleh KNPI Klungkung. (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Berbagai gebrakan dilakukan jajaran KNPI Klungkung dimasa kepemimpinan Ketum Anak Agung Indra Prayoga SH. Kali ini, disaat pandemi Covid-19, KNPI menggandeng seniman muda untuk berkreasi dengan lomba Melukis Wayang Kamasan pada tote bag.

Hal itu diitegaskan Ketua Umum KNPI Klungkung Anak Agung Indra Prayoga SH, Rabu (17/11). Di sela-sela pemberian penghargaan kepada para pemenang lomba melukis Wayang Kamasan ini. Menurut Gung Indra panggilan karibnya, lomba melukis Wayang Kamasan di tote bag ini sejatinya digelar Sabtu, 13 November 2021 lalu bertempat di Gedung Pemuda Klungkung yang sekaligus menjadi Sekretariat DPD KNPI Kabupaten Klungkung.

Menurutnya, yang unik dari lomba melukis Wayang Kamasan ini tidak dengan cara menuangkan di atas media canvas pada umumnya, karena pada lomba yang digelar oleh DPD KNPI Klungkung ini, para seniman melukis lewat media tote bag atau tas belanja kain yang lagi ngetren saat ini.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari kelas 5 SD sampai kelas 3 SMP di Klungkung daratan, dengan tidak memungut biaya,alias gratis.

“Kegiatan ini sengaja menyasar dikalangan tersebut karena untuk bisa membumikan seni Wayang Kamasan sampai tingkat anak-anak, dan diharap kedepannya bisa ada yang melanjutkan untuk melestarikan seni Wayang Kamasan sehingga kedepan seni ini tidak punah ditelan zaman,” ujar Gung Indra.

Lomba melukis Wayang Kamasan Ini menjadi daya tarik sendiri, dimana untuk para seniman bisa berkreasi dengan barang yang dipakai sehari-hari oleh masyarakat, siapa tau setelah kegiatan ini, lukisan Wayang Kamasan di media tote bag bisa menjadi profit atau menghasilkan pemasukan untuk para generasi muda yang menekuninya.

Adapun juara pada lomba yaitu I Mase Danan Adi Laksana juara 1, Luh Putu Kusuma Paranitya juara 2, dan Ni Putu Esa Tirtania juara 3. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.