DLH Bangli Lakukan Pengadaan Puluhan Pohon Kamboja

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
pohon perindang
Pohon perindang yang ditebang belum terangkut. (ist)

BANGLI | patrolipost.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangli melakukan pengadaan puluhan pohon jenis kamboja. Rencananya pohon akan ditanam di ruas jalan utama Kota Bangli, sebagai pengganti pohon perindang yang ditebang. Sementara proses penebangan masih berlangsung dan hasil tebangan masih banyak yang belum terangkut.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Bangli, Gusti Laksana mengatakan pada APBD Perubahan 2021 dialokasikan anggaran Rp 200 juta untuk pengadaaan sebanyak 80 pohon jenis kamboja. Pengadaan tiada lain untuk peremajaan pohon perindang.

Bacaan Lainnya

”Pohon perindang usianya sudah tua dan rawan tumbang serta keberadaannya merusak trotoar dan bahu jalan,” ujarnya, Rabu (17/11/2021).

Kata Sekretaris asal Banjar Tegal, Kelurahan Bebalang ini, nantinya pohon kamboja ditanam di seputaran jalan utama Kota Bangli atau sebagai pengganti pohon perindang yang ditebang.

”Pengadaan masih dalam proses dan pada akhir tahun pohon sudah tertanam,” jelasnya.

Dipilihnya pohon kamboja karena selain memilki nilai estetika juga dari segi manfaat karena bunga kamboja dapat digunakan untuk sembahyang.

Sementara disinggung proses penebangan pohon perindang, kata Gusti Laksana masih berjalan, dan kini penebangan menyasar pohon perindang di seputaran Jalan Nusantara. Gusti Laksana tidak menampik kalau hasil tebangan masih banyak belum terangkut. Hal ini terjadi karena hasil tebangan yang banyak juga terkendala petugas angkut serta ketersediaan tempat untuk penyimpanan.

”Kami masih membagi personel  untuk angkut batang pohon hasil tebangan yang akan disimpan sementara menunggu proses pelelangan,” sebutnya. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *