Kurangi Pengangguran, Disnaker Matim Gelar Pameran Job Fair

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
job fair matim
Dinas Nakertrans Manggarai Timur saat membuka kegiatan Job Fair 2021. (ist)

BORONG | patrolipost.com – Angka pengangguran yang meningkat selama pandemi Covid-19 membuka mata Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk melakukan upaya membuka lapangan pekerjaan. Pemkab Matim melalui Dinas ketenagakerjaan dan Transmigrasi, menggelar pameran bursa kerja (Job Fair). Kegiatan diselenggarakan di aula Hotel Karisma, Borong, Manggarai Timur 16-17, November 2021.

Diketahui loker yang disediakan pada saat bursa kerja (Job Fair) di Matim ada tujuh diantaranya JNE Express, Family Mart, Pusat Pembinaan Iman Kevikepan Borong, PT Timor Sakti Setia, Makeup Nataly Salon, Pancaran Mart dan Kasih Sayang.

Kepala Dinas Nakertrans Manggarai Timur Aufridus Jahang mengatakan, melalui kegiatan Job Fair ini dapat mempercepat pertemuan antara pencari kerja maupun pengguna tenaga kerja atau perusahaan. Melalui kegiatan job fair yang diikuti oleh 230 peserta, ia berharap, dapat memberikan ruang yang luas, bagi para pencari kerja.

“Pada masa pandemi Covid-19 ini memang sebagian besar masyarakat ekonominya menurun. Untuk itu, dengan langkah Job Fair 2021 akan membantu masyarakat yang butuh pekerjaan,” kata Jahang.

Menurut Jahang, proses penempatan serta bagi pengguna jasa tenaga kerja agar dapat menginformasikan lowongan pekerjaan sesuai kebutuhan perusahaan secara up to date.

Ia juga mengungkapkan bursa kerja ini memiliki ruang lingkup kegiatan yaitu pendataan lowongan kerja dengan melakukan kunjungan ke perusahaan, mengidentifikasi dan mendaftar perusahaan-perusahaan yang akan mengikuti pameran.

“Job fair ini memfasilitasi pertemuan secara langsung antara pencari kerja dan pengguna tenaga kerja dimana pengguna tenaga kerja memilih lowongan kerja sesuai dengan bakat, minat serta kemampuannya dan selanjutnya menyampaikan lamaran, mengikuti seleksi awal pada perusahaan yang diminatinya,” ungkapnya.

Jahang juga menyampaikan kepada semua masyarakat Matim bahwa saat ini juga ada lowongan kerja yang dibuka secara umum untuk seluruh wilayah Indonesia.

“Jadi untuk bisa mengetahui lowongan kerja tersebut wajib untuk semua membuka halaman situs karirhub.kemnaker.go.id karena di situ sudah sediakan semua lowongan kerja,” tutupnya.

Menganggur atau tidaknya seseorang sangat tergantung pada sadar atau tidaknya orang tersebut pada potensi dirinya. Hal lain adalah tingkatkan kemampuan mengoperasikan ponsel Android agar bisa bisa lebih berguna untuk mencari lowongan pekerjaan. Kenyataan yang terlihat selama ini ponsel Android hanya digunakan untuk bergaya di Facebook, instagram dan tampil sexy di aplikasi Tiktok. (pp04)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *