Kemnaker RI Kucurkan Anggaran Pembangunan BLK Bangli

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
blk bangli
Proses pembangunan gedung BLK di Banjar/Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli. (ist)

BANGLI | patrolipost.com – Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) mengelontorkan anggaran untuk pembangunan gedung balai latihan kerja (BLK). Gedung BLK berlokasi di Banjar/Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli. Gedung seluas lima are tersebut jadi lokasi pelatihan untuk pengelolaan hasil pertanian. 

Ketua Pengelolaan Kegiatan, I Wayan Sura Antara mengatakan keberadaan BLK untuk memfasilitasi atau meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Salah satu target peningkatan dalam pengelolaan hasil pertanian.

Bacaan Lainnya

“Bangli memiliki potensi besar di bidang pertanian. Target ke depan pengembangan bisa menyasar generasi muda,” jelasnya, Selasa (16/11/2021). 

SDM yang ada dilatih untuk bisa mengelola hasil pertanian. Diolah dan dikemas lebih baik sehingga bisa menarik minat pasar dan bisa meningkatkan nilai jual. 

Wayan Sura menjelaskan, pembangunan Gedung BLK merupakan bantuan kementerian. Bantuan melalui Yayasan Sapta Taksu Bang. “Pengelolaan dilakukan lembaga yang berbadan hukum. Yayasan Sapta Taksu berdiri atas inisiasi Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi Kabupaten Bangli,” sebutnya.

Menurut Wayan Sura yang juga Sekretaris Yayasan Sapta Taksu Bangli ini pengelolaan BLK nantinya dilakukan oleh yayasan. Menurut Wayan Sura, kementerian menyalurkan dana Rp 500 juta untuk pembangunan fisik dan Rp 346 juta untuk peralatan pelatihan dan meubeler. Untuk pelaksanaan program pelatihan nantinya dari kementerian. 

Sementara itu untuk pembangunan gedung dilakukan secara swakelola dengan waktu pelaksanaan 120 hari. “Proses pembangunan sedang berjalan, nantinya keberadaan yayasan menundukung program pemerintah,” jelasnya. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *