Pahami Tips Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah Supaya Keren

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
frame kacamata
Ilustrasi frame kacamata (foto: ist)

KACAMATA kini menjadi aksesoris yang menyempurnakan penampilan, lebih dari fungsi sebenarnya. Penampilan seseorang yang tadinya biasa saja menjadi luar biasa saat mengenakan kacamata tepat.

Laki-laki dan perempuan sangat berbeda dalam memilih kacamata. Memang benar banyak kacamata unisex yang bisa dipilih, tetapi tetap saja ada beberapa perbedaan antara keduanya.

Perbedaan utama terletak pada ukuran frame. Struktur tulang kepala pria lebih besar dari wanita, sehingga jembatan kacamata pria lebih panjang dari wanita. Oleh sebabnya informasi cara memilih kacamata sesuai bentuk wajah diperlukan supaya penampilan semakin menawan.

Pertimbangan Saat Memilih Kacamata

Anda tentu pernah berkeliling mencari dan mencoba berbagai kacamata. Satu-satunya cara menemukan kacamata yang pas dengan wajah adalah memerhatikan sejumlah pertimbangan seperti pemaparan berikut:

1. Harga

Harga memang bukan pertimbangan utama seseorang memilih kacamata. Namun, harga tak dipungkiri mencerminkan kualitas sebuah barang.

Kacamata digunakan jangka panjang, terutama Anda yang benar-benar memiliki rabun mata dan diharuskan mengenakan kacamata sepanjang beraktivitas. Hindari membeli kacamata dengan harga terlalu murah, sebab harga kerap berbanding lurus dengan kualitas.

2. Bahan

Material frame kacamata ada yang berbahan metal, plastik, hingga emas dan silver. Pilih kacamata yang menggunakan bahan berkualitas, tidak mudah patah, tidak mudah tergores, sehingga Anda tak perlu sering menggantinya.

Tanyakan lebih lanjut pada penjual tentang bahan kacamata yang Anda pilih. Ingat, bukan cuma model saja yang penting, tetapi juga kualitas bahan.

3. Ukuran Lensa

Anda tentu harus memeriksakan mata terlebih dahulu sebelum membeli kacamata baru. Tujuannya menghasilkan ukuran lensa presisi dan tepat untuk penglihatan Anda.

Pengguna kacamata permanen pastinya memiliki ukuran tertentu berdasarkan hasil pemeriksaan dokter. Ukuran lensa ini harus Anda sampaikan kepada penjual ketika hendak membeli kacamata. Ukuran lensa berhubungan dengan jenis bahan yang digunakan untuk lensa tersebut.

4. Frame Kacamata

Frame kacamata pada pria mungkin jauh lebih besar dibanding perempuan. Pria cenderung menyukai kacamata persegi atau persegi panjang, sedangkan wanita cenderung menyukai kacamata bulat.

Bentuk bingkai atau frame kacamata sangat beragam sesuai bentuk wajah pemakainya. Warna frame kacamata juga cukup bervariasi, sehingga perlu kejelian memilihnya. Pria cenderung menyenangi kacamata berwarna gelap atau netral, seperti coklat, hitam, abu-abu, hitam, dan biru tua.

5. Bentuk dan Ukuran Wajah

Potongan rambut bisa saja berubah, tetapi bentuk wajah tak akan pernah berubah. Pria dengan wajah cenderung bulat misalnya perlu menyamarkan bentuk muka dengan kacamata tepat.

Tips memilih kacamata sesuai bentuk wajah pria tentu tidak sama dengan wanita. Penting bagi Anda menyesuaikan bentuk dan ukuran kacamata dengan kondisi wajah agar terlihat pas saat mengenakannya.

6. Penampilan Busana

Kacamata bisa membuat tampilan lebih menonjol ketika dipadukan dengan busana yang pas. Wanita berhijab tentu memiliki pertimbangan berbeda saat memilih kacamata dengan wanita tidak berhijab.

Ada seni dalam memilih kacamata untuk menyempurnakan penampilan. Ukuran kacamata untuk wajah kecil berhijabĀ  tentu tidak sama dengan pemilik wajah lebar yang berhijab.

Inilah Tips Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah

Perempuan lebih fleksibel dengan frame kacamata, mulai dari frame gelap, terang, hingga warna-warni. Ada beberapa faktor lain yang tak kalah penting diperhatikan ketika Anda memutuskan berkacamata. Cara memilih kacamata sesuai bentuk wajah juga patut diperhatikan.

1. Wajah Oval dan Lonjong

Wajah oval memiliki garis rahang dan dahi luas. Bentuk wajah ini disebut paling sempurna karena cocok dengan semua model kacamata. Anda hanya perlu memerhatikan ukuran lensanya agar seimbang dan tidak menutupi keseluruhan wajah.

Anda bisa memilih kacamata berbingkai lebar. Frame tebal paling direkomendasikan, terutama model cat eye dan persegi.

2. Wajah Bulat

Wajah bulat memiliki rahang penuh dengan ukuran panjang dan lebar wajah relatif sama. Hindari kacamata bundar, bergagang tebal, dan berwarna gelap untuk bentuk wajah ini.

Bentuk kacamata untuk wajah bulat paling sesuai adalah bingkai persegi dan gagang tinggi. Bentuk ini meminimalisir kesan bulat wajah Anda.

3. Wajah Hati

Bentuk wajah ini memiliki dahi cenderung lebar dari bagian wajah lainnya, ditutup dengan dagu runcing serta menonjol. Tipe wajah ini sangat pas mengenakan kacamata menonjolkan rahang ketimbang dahi. Anda bisa memilih kacamata tanpa bingkai dengan warna cerah dan netral.

4. Wajah Kotak

Wajah berbentuk kotak memiliki garis tulang pipi yang kuat, menonjol, dan berukuran relatif sama dari bagian atas hingga bawah. Tipe wajah kotak dapat menggunakan kacamata berbentuk bulat untuk menyeimbangkan ruas tulang yang menonjol. Ini juga memberi efek garis lengkung di wajah.

5. Wajah Berlian

Wajah berlian memiliki dahi sempit dengan garis rahang tajam. Bentuk kacamata yang sesuai adalah oval, tanpa bingkai, atau ukuran bingkai atasnya lebih lebar. Hindari bentuk bingkai dengan sudut tipis dan sempit.

6. Wajah Segitiga

Pemilik wajah segitiga biasanya memiliki ukuran dagu lebih lebar dibanding wajah bagian atas. Bentuk wajah seperti ini sangat cocok menggunakan kacamata berbingkai lebar di bagian atas. Hindari memilih gagang kacamata dengan ukuran lebar.

Cari dan Temukan Frame Kacamata Terbaik di Blibli

Pemilihan frame kacamata ternyata tak semudah yang dibayangkan. Ada banyak faktor menjadi pertimbangan. Salah memilih kacamata justru membuat penampilan Anda terkesan kurang menarik.

Nah, jika Anda bermaksud mencari kacamata sesuai keinginan, Blibli sebagai situs belanja online terbesar di Indonesia dapat menawarkan solusi terbaik. Blibli menyediakan berbagai produk kebutuhan Anda secara lengkap, tak terkecuali produk-produk fashion, seperti pakaian, sepatu, tas, dompet, dan kacamata.

Blibli menjamin keamanan dan kemudahan Anda saat melakukan pembelian dan pembayaran. Marketplace ini juga memastikan barang pesanan Anda sampai tujuan. Konsumen merasa aman dari segala tindak penipuan.

Produk-produk Blibli menjamin kualitas dan harga terbaik, sehingga Anda akan merasa puas berbelanja di sini. (**)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *