Bupati Suwirta Ajak Lansia Lakukan General Check Up Berkala

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
germas 11111
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menekankan agar para lansia melakukan general check up berkala dalam upaya menjaga kesehatan. (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menekankan agar general check up berkala mesti dilakukan minimal 1 tahun sekali. Hal itu disampaikan Bupati Suwirta saat menghadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 dan Hari Diabetes Sedunia Tahun 2021, bertempat di UPTD Puskesmas Dawan 1, Desa Pikat Kecamatan Dawan, Minggu (14/11).

Di hadapan para lansia, Bupati Suwirta yang mengikuti general cek up sekaligus meminta para lansia agar rajin menjaga kesehatan dengan menerapkan pola Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), karena Germas sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

”Germas penting untuk dilaksanakan oleh semua kelompok masyarakat. Sosialisasi perlu sejak usia dini untuk membentuk pola perilaku. Pola hidup sehat diantaranya melakukan aktifitas fisik, tidak merokok dan cek kesehatan berkala,” kata Bupati Suwirta dalam sambutannya.

Lebih jauh, Bupati Suwirta mengingatkan, perubahan zaman dan kemajuan ekonomi diikuti dengan perubahan perilaku dan pola makan. Tanpa disadari telah menyebabkan terjadinya pergeseran pola hidup yang dapat menyebabkan seseorang mengidap berbagai macam penyakit yang tidak diharapkan, seperti jantung, stroke, darah tinggi, dan penyakit lainnya. Peran pemerintah sangat diperlukan untuk mengedukasi masyarakat menerapkan pola hidup sehat.

Bupati Suwirta mengharapkan masyarakat dapat memproteksi diri dengan menerapkan pola hidup sehat dan langkah preventif.

“Kepada masyarakat Klungkung, untuk mengantisipasi terjangkit penyakit, baik menular maupun tidak menular, mari upayakan melaksanakan general check up minimal 1 tahun sekali,” ajak Bupati Suwirta.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung, dr Ida Ayu Megawati MKes melaporkan bahwa dalam memperingati HKN ke – 57 tahun 2021 dan Hari Diabetes Sedunia tahun 2021, Kabupaten Klungkung melaksanakan gebyar pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan yang dilaksanakan serentak pada minggu 14 November 2021 di seluruh Puskesmas di Kabupaten Klungkung.

Dirinya minta masyarakat rajin beraktifitas fisik dengan melakukan senam bersama dengan peserta terbatas dan tetap menerapkan protokol kesehatan. (855)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *