Kelompok Kebun Berdaya Kertha Bhutani Kelurahan Sumerta Gelar Giat “Berkesan Gelitik Hatinya”

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
minggu bersih
Kegiatan Minggu bersih yang dilaksanakan Kelompok Kebun Berdaya Kertha Bhutani lingkungan Ketapian Kaja Kelurahan Sumerta. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Guna memberdayakan serta memberikan pelatihan bagi masyarakat terkait lingkungan, Kelompok Kebun Berdaya Kertha Bhutani lingkungan Ketapian Kaja Kelurahan Sumerta menggelar giat Minggu Bersih, Minggu (14/11/2021). Adapun kegiatan tersebut bertajuk Bersama Masyarakat Kelurahan Sumerta Mandiri Gerakan Lingkungan Pengurangan Sampah Plastik menuju Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (Berkesan Gelitik Hatinya).

Lurah Sumerta, I Wayan Eka Apriana mengatakan, kegiatan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Sumerta yang dikemas dalam program “Suling Resik ring Palemahan”. Dimana program ini merupakan program inovasi rintisan dalam memberikan pelatihan bagi masyarakat terkait lingkungan.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut dikatakannya, dalam kegiatan ini dilaksanakan pembersihan lingkungan dan dilaksanakan juga sosialisasi pemilahan sampah berbasis sumber kepada anggota kelompok dan masyarakat lainnya. Bertepatan dengan giat tersebut, dilaksanakan juga panen buah dan sayuran bersama kelompok kebun berdaya Kertha Bhutani. Buah dan sayuran yang dipanen kali ini yakni kangkung, tomat, terong, labu, dan timun, serta tanaman obat keluarga (toga).

“Buah dan sayuran serta toga yang dipanen ini akan didistribusikan kepada kelompok kebun berdaya serta masyarakat lainnya yang membutuhkan, sehingga ke depannya dapat memenuhi kebutuhan serta menunjang makanan tambahan bagi lansia dan balita di lingkungan setempat,” kata Eka Apriana.

Pihaknya mengungkapkan keberadaan kelompok kebun berdaya ini merupakan upaya pemberdayaan masyarakat untuk mewujudkan ketahanan pangan keluarga secara mandiri melalui pekarangan pangan lestari.

“Dan kami berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan dengan tetap bersinergi dengan OPD Pemkot Denpasar serta dapat berkolaborasi dengan kelompok kebun lainnya di Kota Denpasar sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan mandiri masyarakat Kota Denpasar,” pungkasnya. (030)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *