KMD Kwarcab Pramuka Denpasar Diikuti 50 Pembina Penggalang SD dan SMP

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
pramuka denpasar
Kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD) di SMP Negeri 14 Denpasar. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com –  Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Denpasar melalui Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Cabang (Pusdiklatcab) menyelenggarakan Kursus Mahir Dasar (KMD) untuk Pembina Pramuka Golongan Penggalang se-Kwarcab Denpasar di SMP Negeri 14 Denpasar.

Kegiatan yang akan berlangsung selama 6 hari dimulai dari 13-18 November mendatang ini, diikuti 50 Pembina Pramuka Penggalang yang berpangkalan di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) terdiri dari 16 putra dan 34 putri.

Bacaan Lainnya

Kepala Kapusdiklatcab Denpasar Budi Santoso MT mengatakan, pemerintah menaruh harapan besar dan sekaligus menjadi tugas mulia bagi Gerakan Pramuka untuk lebih berperan membina karakter anak-anak serta remaja Indonesia  dalam upaya memupuk semangat bela negara dan rasa cinta Tanah Air. Hal ini sudah diwujudkan dengan ditetapkan kepramukaan sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah-sekolah formal.

“Salah satu upaya untuk melaksanakan tugas dan kepercayaan tersebut, Gerakan Pramuka harus menjamin tersedianya Pembina Pramuka yang mencukupi baik jumlah dan kualitasnya. Untuk itu, maka diselenggarakan Kursus Mahir Dasar (KMD) ini,” ujar Budi Santoso.

Lebih lanjut diharapkan bahwa KMD kali ini dapat mencetak Pembina Pramuka Penggalang yang memiliki kualifikasi dan kompeten di bidang pendidikan kepramukaan yang akan membina di Gugusdepan.

“Kita ingin mencetak Pembina Pramuka penggalang yang berkompeten dan materi yang diberikan dapat diimplementasikan di Gugusdepan masing-masing,” terangnya.

Tentunya KMD Golongan Penggalang kali ini, dilaksanakan dengan tetap menerapkan Protokol kesehatan yang ketat dan diawali dengan proses pendaftaran. Dimana peserta wajib menunjukkan bukti sudah mendapatkan vaksinasi tahap pertama dan tahap kedua.

Sementara Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Denpasar, Dr I Gusti Lanang Jelantik MSi menyampaikan bahwa pentingnya KMD bagi calon Pembina Pramuka Penggalang se-Kwarcab Denpasar.

Menurutnya, tujuan KMD adalah untuk membekali para Pembina Pramuka tentang pengertian dasar pendidikan Kepramukaan serta garis besar cara membina dan mengelola satuan Pramuka di Gugusdepan. Pihaknya berharap KMD ini juga  dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi Pembina.

Terutama kepada Pemimpin Kursus (Pinsus), agar kegiatan ini dikelola secara efektif dan bermanfaat bagi pembina di Kwarcab Denpasar serta menjadi nilai tambah bagi seluruh Pembina.

“Semoga materi yang diberikan dapat diimplementasikan kepada anak didik di masing-masing Gugusdepan,” pungkas Lanang Jelantik. (030)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *