Pemenuhan Listrik di RSU Bangli Direncanakan Gunakan Panel Surya

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
panel surya
Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta didampingi Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar membahas pengembangan PLTS rooftop di RSU Bangli. (ist)

BANGLI | patrolipost.com – Saat ini sedang proses pembangunan gedung IA dan gedung IB RSU Bangli. Ke depan direncanakan pemenuhan listrik di gedung tersebut memanfaatkan panel surya yang akan dibangun di atap gedung. Dengan pemanfaatan panel surya menghemat biaya operasional pemenuhan listrik di rumah sakit. 

Sementara itu Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta didampingi Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar membahas pengembangan panel surya di RSU Bangli dengan PT Solarian Energi Alam, Jumat (12/11/2021). 

Bacaan Lainnya

Bupati Sedana Arta mengatakan komitmennya membangun green building dengan menggunakan energi baru terbarukan. Maka itu direncang pengembangan panel surya di RSU Bangli. Nantinya panel surya akan dipasang di atap gedung. 

Menurut Bupati Sedana Arta, pembangunan panel surya melibatkan pihak ketiga. “Pemkab tidak mengeluarkan anggaran untuk pembangunan karena dikerjakan oleh pihak ketiga,” jelasnya. 

Kata Sedana Arta,  listrik yang dihasilkan bisa dimanfaatkan sendiri. Bahkan jika hasil lebih bisa di-export ke PLN. Diakui saat ini sedang proses pengurusan dokumen untuk kerjasama. 

Selain di rumah sakit, Bupati Sedana Arta merencanakan untuk pemasangan di gedung DPRD, gedung Bukti Mukti Bhakti (BMB). “Mudah-mudahan bisa terpasang semua. Harapan kami Januari sudah terpasang,” ungkapnya.

Sementara  Kabag Humas Protokol, Kerjasama dan Komunikasi Publik Setda Bangli, Putu Maha Edi mengatakan, terkait pamanfaatan panel surya sebagai bentuk implementasi dari Pergub Nomor 45 Tahun 2019 tentang Bali Energi Bersih. Selain ramah lingkungan, pemanfaatan panel surya bisa menghemat anggaran. 

Pejabat asal Desa Songan, Kecamatan Kintamani ini menjelaskan, jika dari hitung-hitungan sementara dalam kurun waktu beberapa tahun, bisa menghemat anggara miliaran rupiah.

“Untuk di rumah sakit bisa hemat miliaran rupiah. Tentu kalau semua gedung di lingkungan Pemkab bisa memanfaatkan panel surya, maka penghematan bisa lebih besar lagi,” ujarnya. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *