Panel Pompa PDAM Bangli di Desa Belantih Disambar Petir

dirut pdam
Direktur PDAM Bangli, Dewa Gde Ratno Suparso Mesi. (ist)

BANGLI | patrolipost.com – Panel mesin pompa milik PDAM Bangli di Desa Belantih, Kecamatan Kintamani disambar petir, Kamis (11/11/2021). Akibatnya suplay air bagi pelanggan di wilayah Kintamani terganggu.

Selain itu hujan juga menyebabkan penyambung pipa di sumber mata air Gamongan putus, sehingga berdampak terganggunya pasokan air bagi ribuan pelanggan di wilayah Kota Bangli.

Bacaan Lainnya

Direktur PDAM Bangli, Dewa Gde Ratno Suparso Mesi saat dikonfirmasi mengatakan, cuaca ekstrem yang terjadi mengakibatkan rusaknya instalasi.  Hujan disertai petir mengakibatkan panel pompa di Desa Belantih tersambar petir. Akibatnya mesim pompa tidak bisa berfungsi secara optimal.

”Kalau sebelumnya untuk mengangkat air menggunakan dua pompa, karena panel tersambar petir hanya satu pompa saja berfungsi,” sebutnya, Jumat (12/11).

Lanjut Dewa Suparso Mesi, karena hanya gunakan satu pompa otomatis suplay air terganggu sehingga berdampak pada pasokan air bagi pelanggan di wilayah  Desa Kintamani, Batur, Penelokan dan Sekardadi. “Kami telah datangkan teknisi untuk lakukan perbaikan dan kalau tidak ada halangan hari ini perbaikan sudah kelar,” jelasnya.

Kata direktur asal Banjar /Kelurahan Kawan ini,  hujan lebat menyebabkan sambungan pipa di sumber mata air Gamongan lepas. Dampak pasokan air bagi pelanggan di wilayah Kota Bangli terganggu. Disamping itu hujan menyebabkan jaringan pipa di wilayah Kubu diterjang longsor.

“Perbaikan sedang berjalan, mudah-mudahan cuaca mendukung sehingga perbaikan bisa cepat kelar,” sebutnya.

Mengatisipasi  musibah yang kerap terjadi di saat turun hujan, pihaknya berencana akan membuat sumur bor. Nantinya jika terjadi gangguan suplay air bisa memanfaatkan air sumur bor. Pembuatan sumur bor adalah program prioritas dan pengerjaan akan dilaksanakan pada tahun 2022.

”Untuk lokasi sumur bor berdekatan dengan bak reservoir Kubu Bangli,” ujarnya. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.