Bertepatan dengan Galungan, Gubernur Bali Pimpin Upacara Hari Pahlawan

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
hari pahlawan
Gubernur Bali Wayan Koster memimpin upacara hari Pahlawan, Rabu (10/11/2021). (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Bertepatan dengan Hari Raya Galungan, apel upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur Bali pada Budha Kliwon Wuku Dungulan, Rabu (10/11/2021).

Gubernur Bali Wayan Koster bertindak selaku inspektur upacara dalam peringatan yang mengusung tema ‘Pahlawanku Inspirasiku’.

Bacaan Lainnya

Upacara peringatan Hari Pahlawan 2021 ini diikuti jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Wakil Gubernur Bali Prof Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace), Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra, pimpinan OPD Pemprov Bali serta unsur TNI dan Polri.

Menteri Sosial RI Tri Rismaharini dalam amanat yang dibacakan Gubernur Bali Wayan Koster mengingatkan pentingnya semangat persatuan yang merupakan kunci keberhasilan dalam perjuangan merebut kemerdekaan.

Ditambahkan, negeri ini sempat mengalami penjajahan yang panjang dan menyakitkan. Berkali-kali perlawanan lokal dikobarkan terhadap penjajah dalam kurun waktu 350 tahun, namun selalu mengalami kegagalan. Para pendiri bangsa kemudian menyadarinya bahwa semangat persatuan menjadi penentu dalam keberhasilan sebuah perjuangan.

“Cara yang ditempuh adalah dengan membangun identitas bahwa kita semua bersaudara, sebangsa dan setanah air, inilah pelajaran berharga yang bisa kita petik. Lidi kuat akan sulit dipatahkan jika dalam kesatuan,” ujarnya.

Bercermin dari pengalaman sejarah, mantan Walikota Surabaya ini mengajak seluruh komponen masyarakat tetap menggelorakan semangat gotong royong serta persatuan dan kesatuan.

“Perbedaan yang ada jangan menjadi pemecah belah, namun harus semakin memperkaya dan memperkuat Bangsa Indonesia sebagaimana filosofi  Bhinneka Tunggal Ika,  berbeda-beda namun tetap satu jua,” kata Mensos dalam amanatnya.

Selain rasa persatuan, ia juga mengajak masyarakat meneladani semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan dalam mengisi kemerdekaan.

“Mari kita teladani semangat para pahlawan dalam mengalahkan musuh bersama yang sesungguhnya saat ini yaitu kemiskinan dan kebodohan,” ajaknya.

Menurut Mensos, Indonesia mempunyai potensi besar dalam memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan karena mempunyai sumberdaya alam yang melimpah dan letak geografis yang strategis.

“Yang kita butuhkan adalah kerja keras secara berkelanjutan dengan didukung inovasi dan daya kreativitas yang tinggi, serta semangat kewirausahaan yang pantang menyerah,” katanya, menandaskan

Sebagai bentuk penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan yang bertaruh nyawa dalam mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, para peserta apel peringatan Hari Pahlawan melakukan hening cipta secara serentak selama 60 detik, tepat pukul 08.15 Wita yang diiringi bunyi sirine. Upacara peringatan Hari Pahlawan juga diisi dengan pembacaan pesan pahlawan nasional. (pp03)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *