Cegah Penularan Covid-19, Polsek Gilimanuk Awasi Pelabuhan Penyeberangan

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
polsek gilimanuk1
Pemeriksaan kendaraan dan penumpang di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali. (ist)

NEGARA | patrolipost.com – Jelang Hari Raya Galungan dan Kuningan (10 dan 20 November 2021), jajaran Polsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk memperketat pengawasan arus penumpang keluar-masuk Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali. Pengawasan dilakukan tidak saja dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19, sekaligus mengantisipasi masuknya barang terlarang ke Pulau Bali.
Kapolsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk Kompol I Gusti Putu Dharmanatha SH MH menjelaskan, pengawasan di Pelabuhan penyeberangan Ketapang (Jawa Timur) – Gilimanuk (Bali) dilakukan siang malam. Personel Polsek Gilimanuk diharapkan hadir di lapangan, khususnya pada jam-jam padat aktifitas, tempat keramaian maupun pada tempat-tempat yang dinilai rawan terhadap gangguan kamtibmas maupun pelanggaran Protokol Kesehatan (Prokes).
“Malam hari digelar Pos Harian (PH) malam yang merupakan implementasi Commander Wish Kapolda Bali. Pos Harian ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat guna tercipta Kamseltibcar Lantas maupun ketertiban Prokes bagi masyarakat Gilimanuk agar terhindar dari bahaya kecelakaan lalu lintas maupun risiko terpapar Covid-19,” ujar Kapolsek, dalam rilisnya, Senin (8/11/2021).
Menurut Kapolsek, selain melakukan giat pemeriksaan di pos pintu masuk dan keluar Bali agar personel Polri berikan pelayanan terbaik buat masyarakat. Salah satunya dengan meningkatkan kegiatan patroli ke tempat perbelanjaan dan tempat aktifitas masyarakat.
“Personel Polri harus hadir di tengah masyarakat memberikan perlindungan pelayanan dan pengayoman guna memastikan situasi wilayah dalam keadaan aman dan kondusif,” tegasnya.
Selain melakukan pemeriksaan terhadap seluruh kendaraan dan penumpang yang keluar masuk di Pelabuhan Gilimanuk, personel yang tergabung dalam Unit Kecil Lengkap (UKL) I juga melakukan patrol dialogis secara kontinyu dengan sasaran ke semua lapisan masyarakat untuk menjamin keamanan keselamatan di wilayah Gilimanuk agar tetap terjaga dan meminimalisasi tindakan kriminalitas.
“Patroli dialogis juga untuk menyerap informasi dari warga guna mencegah gangguan kamtibmas, terutama dalam menyikapi situasi terkini terkait upaya penanggulangan panyebaran Covid-19,” ujar Perwira Pengendali (Padal) Iptu Kukuh Emanuel SH, Senin (8/11/2021).
Pos Harian (PH) Malam, Senin (8/11/2021) dilaksanakan personel UKL 1 di Simpang Pasar Gilimanuk dan Simpang Pura Dalem Gilimanuk. Menurut Iptu Kukuh Emanuel PH malam mengambil tempat di Simpang Pura Dalem Gilimanuk dan Pasar Gilimanuk dengan pertimbangan persimpangan tersebut rawan kecelakaan (laka) maupun pelanggaran (langgar) lalulintas.
“Sekaligus untuk memantau arus lalulintas di jalur utama, khususnya pusat keramaian Gilimanuk terjamin aman dan lancar bebas dari pelanggaran Protokol Kesehatan,” ujar Iptu Kukuh.
Di sela kegiatan pengaturan lalu lintas, personel Polsek Pelabuhan Gilimanuk memberikan teguran dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama melawan Covid-19 dengan menerapkan Protokol Kesehatan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan). Diharapkan dengan taat Prokes, penyebaran virus Corona terputus sehingga masyarakat dapat kembali melaksanakan aktifitas dan perekonomian pulih kembali. (zar)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *