Menjelang Hari Raya Galungan, Pasar Galiran Ramai

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
pantau pasar22222
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta memantau kondisi Pasar Galiran menjelang Hari Raya Galungan, Minggu (7/11/2021). (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Situasi Pasar Galiran Klungkung tiga hari menjelang Hari Raya Galungan nampak normal dan ramai, Minggu (7/11/2021) pagi. Jika dibandingkan dengan hari yang sama pada Galungan sebelumnya, situasi ini justru mengalami peningkatan berdampak pada parkir sepeda motor sangat penuh dan sebagian harus parkir di luar pasar. Hal ini diperkirakan imbas dari banyaknya pedagang lancuban yang baru, terpaksa karena di PHK beralih berjualan.

Meski terbilang normal dan ramai namun keamanan dan kenyamanan pasar tetap dijaga oleh petugas. “Meskipun masih dalam situasi pendemi Covid-19 kondisi pasar saat ini cukup ramai, ini mungkin terjadi karena warga kita yang selama ini merantau sekarang dirumahkan pulang kampung untuk mempersiapkan sarana prasarana hari raya,” ujar Bupati Suwirta saat keliling memantau situasi pasar yang didampingi Kadis Koperasi UMKM dan Perdagangan Kabupaten Klungkung, I Wayan Ardiasa dan Kepala UPT Pasar Semarapura, I Komang Sugianta.

Pemantauan dilakukan mulai dari blok A tempat pedagang buah hingga ke selatan tempat para penjual hewan ternak, seperti ayam, bebek dan babi. Pasar Galiran merupakan pasar terbesar di Bali Timur. Banyak warga dari Karangasem, Bangli, Gianyar dan Klungkung yang datang ke Pasar Galiran.

Bupati asal Nusa Ceningan ini turun langsung memantau ketaatan masyarakatnya dalam menerapkan protokol kesehatan. “Situasi ini berjalan normal dan ramai. Tetapi jika dibandingkan dengan hari yang sama pada Galungan sebelumnya, ini justru mengalami peningkatan,” ujar Bupati Suwirta.

Dalam pantauannya Bupati Suwirta yang selalu menggelorakan semangat para pengunjung dan pedagang dalam menyambut Hari Raya Galungan tetap taat dengan protokol kesehatan.

“Banyak juga tadi saya lihat pedagang tidak menggunakan masker atau pun penggunaannya salah, hidungnya tidak ditutupi dan turun ke dagu, saya terus pantau dan ingatkan, bagaimana cara memakai masker yang benar,” tandasnya.

Selain penerapan protokol kesehatan, Bupati Suwirta juga mengingatkan kepada pengunjung dan pedagang untuk tetap berhati-hati membawa tas atau dompet untuk menghindari terjadinya pencopetan. Bupati Suwirta tidak lupa mengucapkan selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan kepada umat sedharma dimanapun berada.
Melalui perayaan hari suci ini, bupati berharap seluruh umat selalu diberikan kekuatan dan keselamatan serta pikiran tenang untuk bersama-sama menjalankan kewajiban sebagai umat manusia.

“Pada kesempatan ini pula saya selaku pribadi dan Pemerintah Kabupaten Klungkung mengucapkan selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, semoga kita selalu diberikan kekuatan untuk menjalankan swadarma kita,” ucapnya. (855)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *