Mantapkan Kesiapsiagaan Hadapi Bencana, Walikota Jaya Negara Hadiri Deklarasi FPRB Kota Denpasar

siaga bencana
Walikota Denpasar IGN Jaya Negara hadiri  deklarasi Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kota Denpasar di areal Tukad Bindu. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Walikota Denpasar IGN Jaya Negara menghadiri kegiatan deklarasikan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kota Denpasar disertai penanaman pohon langka Katilampit dan penyerahan sembako kepada relawan Tukad Bindu di areal Tukad Bindu Kesiman, Sabtu (6/11/2021).

FPRB Kota Denpasar dibentuk untuk menyatukan visi berbagai stakeholder dalam memantapkan kesiapsiagaan menghadapi bencana. Hadir juga dalam deklarasi tersebut, Kepala BPBD Kota Denpasar, IB Joni Ariwibawa dan Ketua Yayasan Tukad Bindu, I Gusti Rai Ari Temaja.

Bacaan Lainnya

Walikota Denpasar IGN Jaya Negara mengapresiasi terbentuknya FPRB Kota Denpasar dengan leading sektor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar, berbagai komunitas peduli sungai di Kota Denpasar, Tagana serta unsur masyarakat lainnya.

Lebih lanjut, Jaya Negara menerangkan bahwa diperlukan kerjasama semua pihak dalam menciptakan kesiapsiagaan menghadapi bencana. Terlebih, dalam situasi cuaca yang tidak menentu serta rentan terjadi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

“Sehingga perlu diantisipasi melalui aksi yang sistematis. Kami berharap dengan adanya FPRB Kota Denpasar munculnya kesadaran masyarakat akan kesiapsiagaan menghadapi bencana, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Serta mampu mengurangi risiko bencana dan korban serta kerugian sekecil mungkin,” ujar Jaya Negara.

Sementara Kepala BPBD Kota Denpasar, IB Joni Ariwibawa menjelaskan kegiatan yang dibentuk dari berbagai organisasi berbasis komunitas ini merupakan salah satu apresiasi terhadap kepedulian masyarakat dengan kelestarian sungai dan kesigapsiagaan menghadapi bencana khususnya di Kota Denpasar.

“Bagaimana menyatukan komitmen mengenai mitigasi bencana, sosialisasi kepada masyarakat dan juga kegiatan lain yang berkenaan dengan kepedulian mengenai lingkungan,” bebernya.

Selain itu, kegiatan deklarasi FPRB Kota Denpasar ini juga disertai dengan penanaman pohon langka yakni pohon Katilampit. Dimana sebanyak 20 pohon Katilampit ini akan disebar di sejumlah lokasi. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sembako kepada relawan Tukad Bindu dari FPRB sebanyak 12 paket. (030)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.