Ketua Himpaudi Matim Harapkan Semakin Banyak PAUD yang Terakreditasi

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
paud matim
Peserta Bimtek Akreditasi PAUD di Matim. (ist)

BORONG | patrolipost.com – Himpaudi dan Direktorat Paud Dikmas Kemdikbud Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) gelar Bimbingan Teknis Mutu Satuan PAUD yang diikuti 25 PAUD di Kabupaten Manggarai Timur. Kegiatan ini berlangsung di Aula Hotel Krisna Kembur, Kelurahan Satar Peot, Kabupaten Manggarai Timur dari tanggal 30/10/2021- 5/11/2021.

Tujuan digelarnya kegiatan ini antara lain untuk mengecek administrasi dalam rangka akreditasi dari ke-25 PAUD tersebut. Ketua Himpaudi tingkat Kabupaten Manggarai Timur Karolina Ermina menuturkan bahwa kegiatan Bimtek Mutu tersebut sangat penting untuk proses Akreditasi dari ke-25 PAUD yang ada di Kabupaten Manggarai Timur.

Bacaan Lainnya

“Ini kegiatan penting sekali. Hari ini kami mengecek administrasi dari setiap PAUD yang ada dan administrasi ini akan langsung kirim ke pusat,” tegas Karolina.

Lebih lanjut Karolina menjelaskan, Bimbingan Teknis Mutu tersebut selain mengecek kelengkapan administrasi dalam rangka akreditasi juga bagaimana peningkatan mutu dari PAUD.

“Untuk diketahui jumlah PAUD di Kabupaten Manggarai Timur sebanyak 238. Sementara yang sudah terakreditasi berjumlah 61. Nah, pada hari ini yang mengikuti kegiatan ada 25 PAUD, semoga semuanya terakreditasi juga dan jumlah PAUD terakreditasi di Matim ini semakin banyak,” tandasnya.

Mantan Sekretaris PPO, Benediktus Marjun mengungkapkan setiap PAUD harus memiliki izin operasional dari dinas.

“Siapa pun boleh mendirikan PAUD, tetapi bukan berarti tanpa izin operasional. Sebab legalitas sebuah lembaga pengetahuan harus mendapatkan pengakuan dari dinas pendidikan,” jelas Marjun.

Dikatakan Marjun, syarat pendirian PAUD didukung 8 dokumen standar pendidikan.

“Delapan dokumen ini juga pasti melalui seleksi dan setiap standar itu dinilai. Nah kalau dokumennya tidak lengkap, maka dengan sendirinya ditolak oleh sistem, dan tujuannya untuk mendapatkan status. Dari data-data yang ada di dokumen, apakah sesuai dengan kenyataan di lapangan atau tidak. Jangan sampai direkayasa,” lanjutnya.

Dia berharap, ke-25 PAUD yang ikut Bimtek pada hari ini mendapatkan Akreditasi. Namun di sisi lain mereka juga harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang jadi persyaratan secara lengkap. (pp04)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *