Cara Membuat Proposal yang Mudah

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
cara membuat proposal
Foto: Ilustrasi cara membuat proposal yang mudah. (ist)

PATROLIPOST.COM – Cara membuat proposal yang dimaksud kali ini yaitu tulisan yang mudah dibuat oleh penulis agar bisa menjelaskan rencana dan tujuan kegiatan. Para pembaca akan jelas mendapatkan pemahaman mengenai tujuan kegiatan yang lebih detail dari proposal tersebut. Jadi adanya proposal diharapkan dapat memberikan informasi yang sangat jelas kepada para pembaca dan bisa dimengerti akan maksud dan tujuannya acara tersebut.

Pada umumnya proposal ini adalah sebuah program yang memiliki rencana terprogram dan kegiatannya bersifat usulan. Dikatakan bahwa proposal ini merupakan usulan yang dapat ditulis untuk melakukan sebuah kegiatan. Biasanya kegiatannya akan ditujukan kepada pihak-pihak yang ada hubungannya dengan kegiatannya dari awal hingga akhir.

Pengertian Proposal

Proposal berasal dari kata Bahasa Inggris yaitu to propose yang memiliki arti yaitu mengajukan. Tetapi banyak ahli yang mempunyai pengertian tersendiri untuk proposal. Menurut Riefky proposal merupakan sebuah bentuk rancangan kegiatan yang bisa dibuat dalam bentuk formal dan juga standar. Lalu menurut KBBI, proposal memiliki arti yaitu dituangkan dalam bentuk rancangan kerja dan bersifat umum.

Sedangkan menurut Hasnun Anwar, proposal adalah rencana yang sudah disusun untuk sebuah acara atau kegiatan tertentu. Jika menurut Jay, proposal bisa dikatakan sebagai alat bantu untuk memanajemen standar agar manajemen ini dapat berfungsi dengan baik dan efisien. Selanjutnya menurut Hadi, proposal merupakan ulasan yang memiliki struktur untuk agenda yang memiliki kerjasama bisnis dan juga lembaran dalam sebuah perusahaan, usulan kegiatan hingga pada pemecahan masalah.

Yang terakhir yaitu menurut Keraf, proposal adalah sebuah saran yang berisi permintaan kepada seseorang atau badan resmi yang digunakan untuk mengerjakan atau melakukan sebuah pekerjaan yang sifatnya dasar. Dari beberapa pendapat ahli diatas, dapat disimpulkan bahwa proposal merupakan suatu rancangan kerja atau kegiatan yang biasanya sudah tersusun dan sistematis serta terperinci oleh seseorang yang peneliti dan sesuai standar ini diajukan untuk pihak yang telah dikehendaki. Oleh sebab itu proposal nantinya perlu mendapatkan persetujuan maupun bantuan dana atau jasa dalam penelitiannya kelak.

Proposal yang dituangkan dalam bentuk tulisan ini merupakan kewajiban seseorang hendak melakukan sebuah kegiatan dan perlu melibatkan banyak pihak yang memiliki persiapan yang matang dan tersusun secara cermat.

Syarat Menyusun Proposal

Dalam Cara membuat proposal ini yang harus diperhatikan yaitu syarat dalam memenuhi standar proposal yang baik dan benar. Simak penjelasan berikut ini.

  1. Memiliki struktur maupun logika yang bisa dengan mudah untuk dijelaskan dan dimengerti
  2. Hasil yang ada dari kegiatan tersebut harus memiliki struktur rinci
  3. Lalu rumusan pada jenis kegiatan itu dilakukan secara tulis dan detail sehingga harus benar dikerjakan
  4. Jika ada anggaran dana yang diadakan, anggaran dana ini diperlukan harus realistis dengan kegiatan atau acara yang akan dilaksanakan nantinya.

Untuk menjadi proposal yang baik dan benar, Anda bisa memenuhi keempat syarat di atas tanpa terkecuali. Agar nantinya proposal yang Anda buat tidak ada kesalahan yang fatal guna menyelesaikan proposal Anda nantinya.

Tujuan Proposal

Dari pembuatan setiap proposal pastinya memiliki tujuan dan kepentingan serta kebutuhan kepada pihak yang dituju. Tujuan utama pembuatan proposal yaitu:

  1. Untuk bisa mendapatkan bantuan dana
  2. Bisa mendapatkan dukungan
  3. Bisa mendapatkan perizinan

Agar bisa mendapatkan bantuan, dukungan, dan perizinan serta tujuan proposal dapat tercapai buatlah proposal yang baik dan benar. Proposal yang baik dan benar ini adalah proposal yang direncanakan dan tersusun secara sistematis dan tersusun rapi.

Fungsi Proposal

Fungsi adanya proposal ini bisa disusun yaitu:

  1. Untuk bisa melakukan penelitian yang memiliki kaitan dengan sosial budaya dan ekonomi lainnya
  2. Dapat digunakan untuk mengajukan atau mendirikan sebuah usaha
  3. Dapat juga digunakan untuk meminta kepada sebuah tender dari berbagai Lembaga umum usaha
  4. Dapat digunakan pula untuk mengadakan sebuah cara kegiatan misalnya seminar, pelatihan, perlombaan, dan perayaan lainnya.

Manfaat Proposal

Proposal yang dibuat pastinya ada manfaatnya, simak manfaat berikut ini, yaitu:

  1. Menjadi rencana yang membuat panitia terarah dalam melakasanakan kegiatan yang ada di dalamnya
  2. Menjelaskan secara tidak langsung kepada pihak yang akan diketahui untuk acara ini
  3. Untuk meyakinkan semua donatur agar bisa memberikan bantuan dan juga bantuan dukungan material maupun finansial untuk mewujudkan kegiatan atau acara yang telah direncanakan hingga babak akhir.

Jenis-Jenis Proposal

Adapun jenis proposal terbagi menjadi 4 yaitu:

  1. Proposal bisnis

Proposal ini merupakan proposal yang memiliki kaitannya dengan dunia perbisnisan atau usaha. Namun bisa juga berhubungan dengan bisnis atau usaha kelompok maupun seorang diri. Contohnya saja proposal pendirian badan usaha atau tempat usaha dan lainnya.

  1. Proposal proyek

Proposal proyek adalah jenis proposal yang memiliki keterkaitannya dengan dunia pekerjaan pastinya dan memiliki serta berisi serangkaian rencana dalam usaha atau komersil tertentu. Contohnya proposal proyek pembangunan sebuah kantor atau usaha.

  1. Proposal penelitian

Proposal ini biasanya ditujukan pada bidang yang digunakan untuk akademisi seperti contohnya tugas akhir, tesis, dan lain sebagainya. Biasanya pada kalimat atau pilihan kata proposal penelitian ini mengajukan suatu kegiatan berupa penelitian yang akan dilakukan.

  1. Proposal kegiatan

Proposal kegiatan ini digunakan untuk hanya di lingkungan masyarakat ini proposal mengajukan suatu rencana kegiatan baik itu individu ataupun perorangan yang membutuhkan saja. Contohnya proposal dalam perayaan dan perlombaan yang lainnya.

Cara Membuat Proposal

Dalam hal itu, proposal memiliki hal yang harus diperhatikan secara detail dan harus benar:

  1. Penyusunan proposal seharusnya bisa menunjuk pada orang atau beberapa sebagian ahli untuk menyusun proposal tersebut di dalam kegiatan yang diselenggarakan
  2. Penyusun proposal yang seharusnya mempersiapkan bahan dan informasi yang diperlukan berupa contohnya bahan hasil kesepakatan seluruh panitia
  3. Menyusun draft proposal harus dalam keadaan yang rapi dan dengan sistematis.
  4. Proposal juga dibicarakan dalam forum musyawarah untuk direvisi dan dibahas serta disetujui
  5. Dibuat pula dengan proposal yang telah disempurnakan dan digunakan semestinya
  6. Lalu proposal ini baru bisa diperbanyak

Berikut merupakan penjelasan dan Cara membuat proposal  yang mudah dan terstruktur rapi. Ikuti syarat dan juga cara penyampaian proposal yang baik dan benar seperti diatas agar proposal yang kamu buat tidak hilang begitu saja di depan pihak yang sedang kamu tuju. Pihak yang dituju nantinya pasti akan mencari apa akar masalah dan kebutuhan yang harus dipenuhi untuk proposal yang telah kamu buat dengan jelas.

Maka dari itu isi proposal harus terbaik dan tidak boleh dibuat secara acak dan tidak benar. Data yang dikumpulkan dan ditaruh di proposal harus benar dan tidak hoax atau tidak boleh membohongi semua pihak. Harus meletakkan data dan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan kaidah penulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam tahapan cara membuat proposal. (red)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *