Cara Membuat Email Baru di Hp Tanpa Susah

cara buat email1
Foto: ilustrasi cara membuat email di Hp. (ist)

PATROLIPOST.COM – Cara membuat email baru di Hp yang harus bisa digunakan untuk kepentingan pribadi maupun umum sangatlah wajib. Era yang sekarang ini semua serba teknologi dan akan semakin maju sehingga kamu tidak perlu lagi untuk mengirim dokumen dengan menggunakan jasa layanan antar surat. Kamu cukup bisa mengirimkan surat melalui email saja dan tidak diperlukan adanya kertas untuk print dan semacamnya.

Email adalah singkatan electronical mail yang yang mempunyai pengertian yaitu surat dan pesan dengan mempunyai format digital. Saat ini hampir banyak sekali orang yang mempunyai alamat email secara privasi dan sendiri-sendiri. Email ini sudah bisa dijadikan sebagai identitas oleh seseorang untuk bisa menunjang kehidupan atau pekerjaan sehari-hari.

Surat menyurat melalui email ini akan sering di lakukan terlebih jika sekarang masih bekerja di kantor yang menerapkan work from home. Dimana tidak ada pertemuan tatap muka yang mengharuskan kita untuk tetap bekerja di dalam rumah saja. Email juga digunakan untuk pembuatan akun agar bisa masuk ke suatu aplikasi dan kebutuhan platform digital lainnya yang penting.

Pertama kali diperkenalkan, email adalah perkembangan yang terbatas dan hanya membuat pengguna untuk bisa mengundang teman saja. Tetapi hal itu dipatahkan, karena akan menyulitkan bagi pengguna baru yang akan membuat email. Lalu tahun 2007 sudah dikembangkan kembali berbagai aplikasi email yang membuat kenyamanan seluruh pengguna internet dan teknologi canggih ini.

Perkembangan yang semakin canggih akan teknologi ini membuat semua nya harus mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya yang mempermudah yaitu membuat email di Hp maupun di laptop. Dengan adanya kedua PC tersebut kamu bisa membuat alamat email kamu dengan mudah dan sangat nyaman untuk digunakan dalam kehidupan berteknologi.

Langkah yang perlu di lakukan ini sangat mudah dan tanpa susah atau ribet kamu bisa membuat email baru. Simak berikut penjelasan dibawah ini dengan lengkap.

Cara Membuat Email di HP

Cara yang mudah ini pastinya tidak akan menyulitkan kamu, kamu cukup mengisi data yang ada dan sudah disediakan oleh pihak email. Setelah itu kamu tinggal ikuti saja Langkah berikutnya dengan petunjuk domain yang telah dipilih. Salah satu domain yang bisa kamu pilih saat ini adalah gmail dan gmail adalah aplikasi email yang paling laris. Simak caranya berikut ini:

  1. Buka menu setting atau pengaturan dan terletak di Hp
  2. Lalu kamu bisa menemukan account atau akun dan memilih add acc atau tambah akun yang ada
  3. Kemudian klik ikon Google dan pilih sign in.
  4. Selanjutnya kamu bisa klik create a new acc
  5. Setelah itu isi nama depan dan juga nama belakang
  6. Pilih tanggal lahir yang sesuai, dan juga jenis kelamin, lalu next
  7. Setelah itu kamu bisa memilih nama sebagai username kamu dan next
  8. Jika ternyata ada tulisan bahwa username is taken kamu bisa menggantinya dengan yang lain atau memilih pilihan yang sudah disediakan. Karena jika begitu, nama yang akan kamu gunakan tersebut telah dipakai oleh orang dan tidak bisa secara double.
  9. Selanjutnya kamu bisa mengetikan password. Ini merupakan hal penting yang akan kamu catat dan menjadi bagian dari privasi kamu. Biasanya terdiri dari 8 karakter dan harus menggunakan huruf kapital, angka, huruf kecil, dan karakter unik.
  10. Setelah password, nantinya kamu akan ditampilkan kotak privacy dan terms yang harus kamu klik I agree
  11. Lalu setelah itu kamu harus konfirmasi mengenai username dan password yang sudah kamu ketikkan tadi
  12. Lalu pilih next dan terakhir email kamu akan segera diproses, jika sudah tersedia nantinya kamu akan mendapatkan pemberitahuan bahwa email yang sudah kamu buat ini bisa digunakan.

Berikut merupakan cara membuat email di Hp. Simak penjelasan berikut ini.

Cara Membuat Email di Komputer/Laptop

Cara membuat email baru di hp tadi sudah dijelaskan dengan baik dan benar. Selanjutnya kamu bisa membuat email baru melalui komputer atau laptop. Simak cara berikut ini dengan mudah dan pastinya tanpa susah.

  1. Masukan alamat gmail pada web browser anda
  2. Lalu kamu bisa kik create acc dan sebuah kotak yang ada di terbuka
  3. Isi data diri dan lengkap sehingga bisa memilih nama dan username
  4. Jika terdapat tulisan username is taken maka kamu harus mengulangi dan menggantikan username nya dengan yg baru dan bisa memilih pilihan yang ada dari gmail
  5. Lalu kamu bisa mengisi kolom yang belum terisi dengan benar
  6. Setelah itu klik next step dan muncul agreement di bagian kotak persyaratan atau privacy and terms
  7. Lalu kamu bisa memilih akun gmail yang ada

Selain membuat email di komputer, kamu bisa membuat email di perusahaan juga. Berikut ini caranya.

  1. Menggunakan zoho
  • Kamu bisa membuka website zoho dan pilih free plan yang ada lalu klik get started
  • Selanjutnya kamu bisa memasukan domain website bisnis anda dengan mudah
  • Lengkapi proses nya dengan mengisi informasi bisnis yang sedang anda jalani

Pada zoho kamu bisa menggunakan lebih dalam satu domain dan maksimal hingga 5 domain dengan memiliki rincian 5gb setiap user. Lalu maksimal user memakai 25 GB setiap user yaitu 5 orang

  1. Menggunakan layanan hosting
  • Dengan membeli layanan paket hosting ini kamu bisa mendapatkan domain gratis.
  • Kamu bisa mengaktifkan terlebih dahulu hosting dan domain yang digunakan melalui cPanel
  • Lalu kamu bisa memilih email acc
  • Selanjutnya pilih alamat email yang akan dibuat pada kolom email dan menggunakan bagian domain yang ada di form password dengan tombol create acc
  • Selesai begitu, anda bisa membuat email perusahaan dengan begitu anda bisa menggunakan domain sendiri
  • Lalu anda bisa mengakses email yang ada dan bisa memasukan email serta password
  • Lalu pilih webmail roundcube untuk bisa digunakan dengan mudah

Platform online ini sangat memiliki makna penting terlebih jika anda sudah bekerja maupun sedang mencapai pendidikan tinggi. Email ini akan dilakukan secara berkala dan siapapun pasti mempunyainya untuk bisa menggunakan ponsel atau aplikasi lain. Karena semua aplikasi dan platform online mengharuskan kita untuk mempunyai akun dari email tersebut tanpa terkecuali.

Surat elektronik ini sudah terkenal dan bahkan semua orang di dunia memiliki alamat email karena bisa dibuat dengan mudah seperti diatas. Cara bikin email yang mudah dengan akun professional atau akun pribadi sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri. Beriku merupakan artikel mengenai penjelasan dan Cara membuat email baru di hp tanpa susah dan mudah. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.