Universitas Dwijendra dan Poltekkes Denpasar Laksanakan Pengabdian Masyarakat di Desa Padangsambian Kaja

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
universitas dwijendra
Kegiatan pengabdian mahasiswa Universitas Dwijendra dan Poltekkes yang dilaksanakan di Desa Padangsambian Kaja. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com –  Kegiatan pengabdian mahasiswa Universitas Dwijendra dan Poltekkes Denpasar di masyarakat kali ini dilaksanakan di Desa Padangsambian Kaja. Pada kesempatan itu juga diserahkan bantuan bibit pohon dari Rektor Universitas Dwijendra dan dilanjutkan dengan peninjauan kebun pembibitan pertanian Fakultas Pertanian dan Bisnis Universitas Dwijendra, Selasa (2/11/2021).

Hadir dalam kegiatan pengabdian mahasiswa di masyarakat Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara sekaligus membuka kegiatan, Istri Wakil Walikota Denpasar Ny Ayu Kristi Arya Wibawa dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota  Denpasar Ny Ida Ayu Widnyani Wiradana.

Bacaan Lainnya

Sagung  Antari Jaya Negara mengatakan, mahasiswa sebagai pilar pembangunan bangsa diharapkan mampu sebagai pionir, pelopor sekaligus penggerak di masyarakat. Dengan pengabdian mahasiswa di masyarakat seperti ini tentunya akan memberikan wadah bagi para mahasiswa untuk terus berkreativitas dan menjadi bagian dari pembangunan masyarakat menuju masyarakat yang mandiri dan makmur.

“Pengabdian mahasiswa di masyarakat Universitas Dwijendra dan Poltekkes ini tentunya akan menjadi proses pembelajaran bagi para mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang telah dipelajari sehingga mampu memberdayakan masyarakat di desa ini,” ujar Sagung Antari.

Lebih lanjut, Sagung Antari mengungkapkan terdapat 10 program PKK yang menjadi acuan dan dasar  Tim Penggerak PKK Kota Denpasar dalam melaksanakan berbagai program pemberdayaan masyarakat. Menurutnya hal ini sangat tepat jika dikolaborasikan dengan metode pembelajaran yang dilaksanakan oleh Universitas Dwijendra.

Utamanya pada program Pokja III PKK atau amalkan dan kukuhkan halaman teratur indah dan nyaman. Dimana melalui program “Aku Hatinya PKK” masyarakat utamanya di tingkat rumah tangga diedukasi untuk dapat memanfaatkan halaman rumah dan sekitar pekarangan untuk dimanfaatkan sebagai media penanaman tanaman produktif baik tanaman holtikultural, buah-buahan, bunga dan aneka tanaman hias.

“Jika lahan memungkinkan juga dapat dikembangkan sebagai media pengembangan peternakan dan perikanan,” kata Sagung Antari.

Dengan adanya pengabdian mahasiswa di Desa Padangsambian Kaja, TP PKK berharap dapat mendampingi dan sekaligus mengedukasi masyarakat dalam mewujudkan Hatinya PKK di tingkat rumah tangga.

“Apalagi Perbekel Desa Padangsambian Kaja yang sudah mengembangkan program rumah bibit desa serta sudah menjadi salah satu bentuk edukasi bagi masyarakat untuk terus mau dan peduli dalam mewujudkan hatinya PKK di masing-masing rumah tangga,” terangnya.

Sementara Ketua Yayasan Dwijendra, I Ketut Wirawan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Tim Penggerak PKK dari tingkat kota, kecamatan dan desa yang saling mendukung untuk membangun desa melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan Poltekkes Kartini dan Universitas Dwijendra.

“Semoga dengan berbagai program yang telah disiapkan dapat diimplementasikan secara bertahap dengan melibatkan partisipasi aktif warga masyarakat dibawah koordinasi Perbekel Desa Padangsambian Kaja. Karena kegiatan pengabdian ini diselenggarakan dalam kurun waktu lama atau tidak hari ini saja,” tambahnya.

Sedangkan, Perbekel Desa Padangsambian Kaja  I Made Gede Wijaya berharap pengabdian masyarakat mahasiswa ini  bisa berkolaborasi dengan program pembangunan Desa Padangsambian Kaja sesuai dengan visi.

“Yakni “Padangsambian Kaja Cerdas, Kreatif, Sehat, Asri, Lestari Berwawasan Budaya” atau dapat juga diringkas dengan Cakra Sri Bawa,” pungkasnya. (030)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *