Bupati Manggarai Rencanakan Lima Program Prioritas Tahun 2022

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
sidang dprd manggarai
Pembukaan sidang I DPRD Kabupaten Manggarai tahun 2021 di Ruteng, Manggarai, NTT. (ist)

RUTENG | patrolipost.com – Bupati Manggarai Herybertus GL Nabit sampaikan lima program prioritas Pemerintah Kabupaten Manggarai pada tahun 2022. Hal ini dikatakan Bupati Hery dalam sambutannya saat Pembukaan Sidang 1 DPRD Kabupaten Manggarai Tahun Dinas 2021 di Ruangan Sidang DPRD,  Senin (1/11/2021) pagi.

Menurutnya, hal tersebut mengacu pada tema pembangunan Kabupaten Manggarai pada tahun anggaran 2022, yakni ‘Pengembangan Infrastruktur Memacu Produktivitas’, serta mengacu pada tujuh prioritas pembangunan nasional maupun enam prioritas pembangunan Pemerintah Provinsi NTT tahun 2022.

“Pembangunan di daerah kita erat kaitannya dengan pembangunan nasional dan regional. Maka ditetapkan lima prioritas pembangunan Pemerintah Kabupaten Manggarai Tahun Anggaran 2022,” kata Bupati Hery.

Kelima program prioritas itu yakni: Pertama, meningkatkan perekonomian melalui peningkatan produktivitas pertanian, pembangunan infrastruktur dan UMKM. Kedua, optimalisasi pengembangan kebudayaan dan pariwisata. Ketiga, peningkatan tata kelola pemerintahan yang efektif.

Keempat, peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan masyarakat. Kelima, peningkatan kualitas lingkungan hidup.

Lebih jauh politisi PDI Perjuangan ini membeberkan, prioritas pembangunan tersebut menjadi dasar penentuan alokasi pendanaan masing-masing program dan selanjutnya akan dijabarkan oleh perangkat daerah dalam rincian program dan kegiatannya.

Dia juga mengingatkan secara khusus tentang prinsip penyusunan anggaran berbasis kebutuhan masyarakat yang efektif, efisien, dan ekonomis dengan mempertimbangkan asas manfaat bagi masyarakat. Beberapa diantaranya adalah adalah asas tepat waktu, transparan, partisipatif, antisipatif, responsif, dan fleksibel dalam merespons ketidakpastian akibat pandemi Covid-19.

“Namun semua itu harus mencerminkan optimisme kita menghadapi masa depan. Hal ini penting sebab kita ada untuk melayani dan memajukan masyarakat Manggarai,” pungkasnya. (pp04)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *