Siloam Hospital Labuan Bajo Hadirkan Laboratorium RT-PCR Covid-19

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
rs siloam
Pasien mengantre di Siloam Hospital Labuan Bajo. (ist)

LABUAN BAJO | patrolipost.com – Ketersediaan layanan dan fasilitas penunjang tes Covid-19 untuk masyarakat menjadi sesuatu yang sangat diperlukan, tidak hanya di kota besar seperti di Pulau Jawa, namun juga daerah lain di Indonesia, seperti Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Dalam rangka percepatan pengentasan pandemi Covid-19 dan untuk mendukung dibukanya kembali pariwisata, Siloam Hospitals Group melalui Siloam Hospitals Labuan Bajo menghadirkan laboratorium RT-PCR Covid-19 yang ditujukan untuk mendukung akses tes Covid-19 bagi masyarakat di Labuan Bajo dan sekitarnya. Laboratorium RT-PCR Covid-19  ini merupakan yang pertama di Kabupaten Manggarai Barat.

Bacaan Lainnya

“Kehadiran laboratorium RT-PCR Covid-19 ini akan menjadi salah satu upaya meningkatkan pelayanan kesehatan, terutama dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Manggarai Barat. Proses pengumpulan dan pengujian sampel kini dapat dilakukan lokal, tidak perlu mengirim sampel tes hingga ke luar pulau. Hal ini tentunya sangat memudahkan untuk mengetahui apakah seseorang positif Covid-19 atau tidak dan tentunya hal ini berdampak pula pada penanganan yang bisa lebih cepat dan optimal,” ujar Direktur Siloam Hospitals Labuan Bajo dr Hermas Irawan MM.

Selain kebutuhan bagi pasien, Hermas berharap laboratorium RT-PCR Siloam Hospitals Labuan Bajo dapat memudahkan wisatawan lokal maupun luar negeri yang sudah mulai kembali berdatangan untuk berwisata di Labuan Bajo, terutama karena laboratorium tersebut yang sudah terhubung dengan aplikasi PeduliLindungi.

dr Hermas menjelaskan, layanan swab RT-PCR di Labuan Bajo dapat dilakukan 24 jam setiap harinya dengan harga sesuai dengan peraturan dari pemerintah yakni Rp 300.000 dengan hasil H+1. Selain RT-PCR, Siloam Hospitals Labuan Bajo juga melayani tes antigen dan serologi kuantitatif untuk pengecekan antibodi.

“Kami berterima kasih atas dukungan berbagai pihak, baik dari Bupati, Dinas Kesehatan dan stakeholder lain sehingga laboratorium RT-PCR ini dapat beroperasi. Kami berharap dengan layanan tes yang mudah diakses dan semakin terjangkau di Labuan Bajo, penanganan Covid-19 khususnya di Kabupaten Manggarai Barat yang saat ini pun sudah menunjukkan tren yang sangat baik dapat semakin cepat dilakukan, sehingga pariwisata dan perekonomian dapat bangkit Kembali,” jelasnya.

Sejak dibuka pada Januari 2016, Siloam Hospitals Labuan Bajo telah melayani pasien lokal, ekspatriat, dan wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo. Dalam upaya peningkatan layanan wisata kesehatan bagi turis mancanegara dan lokal, Siloam Hospitals Labuan Bajo menyediakan fasilitas Hyperbaric Oxygen Chamber Therapy (HBOCT), pertama dan satu-satunya di Nusa Tenggara Timur.

Selain untuk penanganan penyakit dekompresi yang biasanya dialami oleh para penyelam laut dalam, HBOCT juga bermanfaat untuk mengobati berbagai kondisi medis, antara lain penyembuhan luka bakar dan luka terkait penyakit diabetes melitus serta pencangkokan kulit.

Selain itu, Siloam Hospitals Labuan Bajo juga memiliki berbagai fasilitas seperti phaco emulsifikasi untuk operasi katarak, kamar operasi, hemodialisis, serta layanan gawat darurat 24 jam bagi turis yang mengalami kecelakaan saat berwisata di Labuan Bajo. (334)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *