Pererat Kerjasama Unud Gelar Internasional Partnership Meeting dengan Konjen dan Honorary Consul di Bali

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
2021 11 02 06 26 022021 11 02 06 26 02 600
2021 11 02 06 26 022021 11 02 06 26 02 600

Para Konjen di acara Internasional Partnership Meeting yang digelar Unud. (ist)

 

Bacaan Lainnya

 

BADUNG | patrolipost.com – Dalam rangka menjalin kerjasama atau memperkuat kerjasama yang sudah ada selama ini dengan Konsulat Jenderal (Konjen) dari berbagai negara, Universitas Udayana (Unud) melalui Kantor Urusan Internasional (KUI) menggelar Internasional Partnership Meeting bersama Konjen dan Honorary Consul yang ada di Bali, Senin (1/10/2021) di Ruang Bougenville, Westin Resort, Nusa Dua. Acara pertemuan dihadiri oleh Konsul Jenderal Australia, China, Jepang, India, Korea, Wakil Konsul Timor Leste serta perwakilan Honorary Consul Estonia, Rusia, UK.

“Konjen tak lain pintu masuk untuk bekerjasama dengan universitas-universitas yang ada di negaranya masing-masing,” ucap Rektor Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng.,IPU., dihadapan para Konjen.

Rektor menjelaskan, Unud mempunyai mahasiswa asing terbesar di Indonesia, namun dengan adanya pandemi menurunkan jumlah mahasiswa asing yang menempuh pendidikan di Unud. Dengan kondisi yang semakin baik, maka momen ini dapat dijadikan momen untuk menjalin kembali kerjasama dengan universitas di luar negeri baik untuk pertukaran mahasiswa maupun dosen serta berbagai program yang lainnya.

Jangka pendek, KUI juga sudah menggagas program Udayana University Internasional Festival yang akan dilaksanakan pada 27 – 28 November 2021. Ada berbagai kegiatan yang berkaitan dengan informasi akademik yang akan dilakukan pada hari itu. Mulai dari kuliner, pameran akademik, pementasan budaya, dan kegiatan lainnya. Para Konjen dan Honorary Consul dikatakan sangat mendukung acara tersebut dan berharap event tersebut bisa menjadi agenda tahunan.

Jangka panjang, Rektor berharap kerjasama antara Unud dan universitas yang ada di luar negeri, bisa menjadi sister university. Misalnya saja kerjasama dalam  program kursus bahasa yang dapat dilakukan di Unud.

“Jika program ini berjalan baik, maka akan bisa dibuka Prodi seperti Korean Studies, Mandarin Studies, Indian Studies, atau yang lainnya,” tuturnya.

Kepala KUI Unud Dr. Eng. Ni Nyoman Pujianiki, S.T.,M.T.,M.Eng. menambahkan dalam Udayana Internasional Festival tanggal 27 November, akan dilakukan pembukaan pameran pendidikan serta presentasi budaya, kemudian pada malam harinya dilaksanakan Culture Night. Minggu, 28 November dilaksanakan pameran pendidikan, makanan berkaitan dengan kebudayaan. Diakuinya telah ada 9 negara yang mendukung kegiatan tersebut dan diharapkan terus bertambah.

“Peserta yang diharapkan hadir dari mahasiswa asing yang menempuh pendidikan di Unud, serta mahasiswa Indonesia untuk melihat-lihat pameran, dan menambah wawasan tentang perguruan tinggi di luar negeri,” katanya.

Konjen Korea Selatan di Bali Moon Young Ju dalam kesempatan ini mengatakan, Konjen Korsel baru buka pada Maret lalu sehingga belum menjalin kerjasama dengan Unud. Namun pihaknya berkomitmen menjembatani antara Unud dengan Pemerintah Korea Selatan terkait kerjasama dalam bidang pendidikan dan kebudayaan.

“Yang bisa dilakukan dalam waktu dekat adalah memberikan program kursus Bahasa Korea dengan tujuan akhir dapat membuka Prodi Korean Studies di Unud,” tuturnya. (wie)

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *